Rabu, 10 Agustus 2011

Menuju Sentosa Island


Setelah beberapa hal yang cukup menyebalkan di hostel, satu hal positif tinggal di daerah geylang adalah dekat dengan makanan. Since we don’t get the breakfast yang semestinya ada, kami mesti hunting sarapan sebelum meluncur ke Sentosa Island. 

Sarapan menu Vegetarian
Mungkin ide ini tidak buruk juga karena kami punya kesempatan mencicipi salah satu menu sarapan khas setempat. Pilihan kami jatuh pada menu vegetarian yang dijual di sebuah bangunan ruko di belakang hostel kami. Tempat ini cukup ramai dikunjungi oleh penduduk lokal, asumsinya ya rasanya pasti lumayan. 

Vegetarian Fried Rice & (fake) Chiken, Halai Tea

Kami berdua pesan vegetarian fried rice plus (fake) chiken untuk panda, total hanya $3.8 berdua. Kemudian Panda iseng pesan teh halia ($1.4), mirip teh tarik hanya saja ada rasa jahe yang sangat kuat dan he doesn’t like it. Anehnya lagi (fake) chiken itu dari teksturnya jelas bukan dari daging ayam, tapi rasanya ayam banget.  

Sentosa Station 
Sarapan kelar dan kami berjalan beberapa langkah ke Aljunied Station, naik MRT EW line (hijau) menuju Outram Park Station. Dari Outram Park Station kemudian transfer ke NE line (ungu) dan satu perhentian kemudian sampai ke Harbourfront Station. Finally, kami sampai juga ke Vivo City: mall terbesar di Singapore. 

Untuk menuju Sentosa Island kami menggunakan Sentosa Express, semacam kereta monorail dengan versi yang kecil, harga tiketnya $3 (PP) dan bisa dipakai berkeliling di Sentosa Island seharian. Sentosa Station ini letaknya di Lobby L, Level 3, bersebelahan dengan Food Republic. Sesuai dengan itinerary pertama kami, ke Universal Studio Singapore (USS), perhentian kami adalah Waterfront Station. 

Rute Sentosa Express
 
Penggunaan Sentosa Express ini dengan kartu yang bisa dibeli di tiket machine, lucky us, kami cukup mentap dengan Ez Link. What a useful card. Sebelum jalan, kami juga beli tiket pertunjukan Song of the Sea ($10/pax) di loket sentosa station, sekedar antisipasi kehabisan tiket kalau beli on the spot.

Transportasi Menuju Sentosa Island
Selain Sentosa Express, ada beberapa alternatif transportasi umum menuju Sentosa Island, diantaranya dengan Cable Car dan Sentosa Rider. Cable Car atau kereta gantung ini menghubungkan antara Harbourfront tower dan Imbiah Lookout (Sentosa). Perjalanan unik menuju Sentosa Island dari ketinggian ini seharga $24/sekali jalan atau $26/PP. Sentosa Rider adalah layanan Bus yang berangkat dari: Orchard Road, Marina Bay Road, dan berhenti di beberapa bus stop di sepanjang kedua jalan tersebut termasuk di Chinatown. Tiket sekali jalan Sentosa Rider adalah $5, sedangkan one day pass ticket seharga $8. 

Alternative lain yang paling murah dan menantang bagi mereka yang mengaku backpacker adalah by foot. Sentosa Broadwalk adalah fasilitas bagi pejalan kaki yang menghubungkan vivo city dengan Sentosa Island. Fasilitas ini dilengkapi dengan canopy sehingga aman dari terpaan panas maupun hujan, dan cukup bayar entry fee sebesar $1 (bisa bayar pakai Ez link juga). Ada banyak jalan menuju Roma, dan ada banyak cara menuju Sentosa, USS here we come..

Sentosa Express
Sentosa Station, Lobby L, Level 3, Vivo City         
Price  
$3/round trip
Operating Hour
First Train : 7 am
Last Train : 12 midnight


4 komentar:

  1. Bukan masalah jahenya (suka wedang jahe pandanya), tetapi rasa teh nya yang berasa "kecut". Mending minum wedang jahe sekalian tanpa ditambah teh.

    Sekedar tips, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan di sekitar MRT Station atau bus terminal untuk mengetahui rasa masakan lokal dibanding di food court

    BalasHapus
  2. hahahaha... tapi emang rada aneh rasanya. Lebih enakan teh tariknya deh. Hmmm, iya jd pengen posting soal Ananas Cafe yang murmer dan enak itu..

    BalasHapus
  3. Tips, jangan lupa untuk mengunjungi rooftop sky park. Menikmati hembusan angin laut dan area sentosa island.
    Untuk yang baru pertama, mungkin akan bingung untuk membeli sentosa express di sentosa stasion. Karena ada tiga tempat berbeda yang memiliki antrian cukup panjang. Kuncinya tetap tenang dan jangan ragu untuk bertanya.
    Salam Duo Panda

    BalasHapus
  4. Coba waktu di rooftopnya vivo city gak kemaleman apalagi pas ujan pasti asik ya gembs..

    BalasHapus

tinggalkan jejak..