Kamis, 26 April 2012

Our Penang Budget (3D/2N)



Perjalanan kami ke Penang, Malaysia sebenarnya sudah berbulan-bulan yang lalu, tepatnya September 2011. Somehow, postingan budget ini baru sempat diposting belakangan. Intinya selama di Penang: longgarkan budget kuliner! Penang ini surganya makanan enak, and it's cheaper than Jakarta. Oyeah! Report pengeluaran ini dibuat selama kami 3 hari keliling Penang, termasuk tiket pesawat, akomodasi, transportasi lokal, makan dan segala pengeluaran pribadi. Semoga masih relevan dan bermanfaat!

Tiket terbang..
Total Rp. 1.480.000/PP. Tiket promo fare Air Asia seharga Rp. 275.000,-/sekali jalan, plus fasilitas pick a seat, airport tax dan surcharge lain harganya menjadi Rp. 740.000/person (PP).

Airport Tax SOETTA
Total Rp. 300.000,-. Beruntung sejak januari 2011, warga negara RI sudah bebas dari kewajiban fiskal senilai Rp. 2.5 juta/orang. Cukup bayar Airport tax untuk keluar sejenak dari negeri ini.  

Accomodation
Total US$48.12 di Old Penang GuestHouse selama 3D/2N, dibooking via hostelworld.com. Harga Twin Private share Bedroom RM 65 per malam, plus deposit (untuk towel & kunci) RM 20/2 pax yang dikembalikan saat check out. Worth value hostel with breakfast (bread, jam & fruit), 24 hour coffe & tea, hot water, free wifi & PC, TV kabel, clean place & helpful staff.    

Transport Local
Total RM 83.2. Transportasi publik yang sering kami gunakan adalah Bus Rapid Penang, sangat efisien, hanya saja mesti sedia uang pas kalau tidak relakan gak dapat kembalian. Tarif dihitung berdasarkan jarak, paling dekat RM 1.4, terjauh RM 4. Kami cuma naik MPPP/CAT Bus yang gratis (sekeliling Georgetown) karena waktu tunggunya kelamaan, selebihnya kami jalan kaki. Di hari terakhir, acara tahunan SKYWALK, (semacam jalan santai) yang membuat banyak rute bis dialihkan. Alhasil, terpaksa kami mesti naik taxi menuju Penang Airport (RM 35).     

Food#Food#Food
Total biaya Rp. 430.000. Pengeluaran selama di Penang sebesar RM 121,8 (sekitar Rp. 350.000), relatif murah mengingat banyaknya menu yang kami cicipi, snack, minuman, beberapa mangkuk es kachang, buah potong, termasuk satu buah durian Red Prawn utuh. Pengeluaran selama di Jakarta Rp. 80.000,- untuk sarapan di 7-eleven dan lunch satu paket Combo di AW Resto di Bandara Soetta.

Activities
Total pengeluaran RM 144, termasuk tiket ke Penang Butterfly Farm, Penang Hill, Khoo Kongsi, Penang State Museum dan Kek Lok Si Temple (fee naik lift). Beberapa fee attraksi di Penang relatif sangat murah, contohnya tiket masuk Penang State Museum hanya RM 1 per orang. Religion site lainnya bahkan gratis, meski tidak wajib pengunjung juga dapat memberikan donasi sukarela.      

Transport Airport SOETTA/PP
Total biaya Rp. 318.500, dengan rincian Rp. 236.500 untuk keberangkatan dan Rp. 82.000,- untuk kepulangan. Budget keberangkatan sedikit membengkak karena penerbangan kami direschedule lebih pagi. Alih-alih naik Bus DAMRI, kami mesti naik Taksi menuju Bandara Soetta. Karena kesalahan info sesampainya di Terminal 3, kami (dan beberapa penumpang) mesti menumpang taxi gelap ke Terminal 2 (Rp. 30.000). Untuk kepulangan, kami mengkombinasikan moda: Bus DAMRI Bandara-Commuter Line dan Taxi sehingga jauh lebih irit.

Shopping & Souvenirs
Total damage RM 221. Worth of value: RM 96 untuk 6 box Beng Hen Tambun Biscut aneka rasa dengan kemasan cantik, 3 box dodol durian, 3 pouch kopi Penang yang terkenal: Old Town White Coffe (@ 15 pcs). Unworth: RM 83 untuk 2 set gantungan kunci (@ 6 pcs), 3 pcs T-shirt Penang kualitas standard, 1 pcs magnet kulkas Khoo Kongsi. Segala sesuatu di Chowrasta Market keliatannya overpriced, harga segini saja kami sudah nawar mati-matian. Kalau bukan karena limit tas di kabin 7 kg, we prefer more delicious Tambun Biscut.  

Lain-lain..
Total RM 23.5. Pengeluaran tak terduga memang biasanya untuk hal-hal kecil yang penting: sandal jepit (RM 9) untuk kaki yang pegel, travel adaptor (RM 5), baterai AA cadangan (RM 6.5). The sweetest thing adalah ketika Panda (dipaksa) membelikan saya dua tangkai mawar pink dan kuning, kedua mawar cantik ini seharga RM 3 (kurleb Rp. 9.000). Cheap enough for a precious and unforgetable moment.     

TOTAL PENGELUARAN
Setelah pengeluaran dalam bentuk Dollar, Ringgit dan Rupiah itu dikonversi, total pengeluaran untuk trip kami ke Pinang Island selama 3H/2N, adalah 4,3 juta rupiah untuk dua orang. Nilai yang lumayan, termasuk tiket pesawat, akomodasi, atraksi, makan dan belanjaan. Semoga membantu rekan-rekan yang sedang merencanakan perjalanan hemat ke Penang. Happy Traveling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..