Kamis, 26 April 2012

Nyicip Durian Kradum, si kuning dari Thailand


Walaupun selera saya dan Panda dalam hal makanan tidak selalu sama, tapi saya dan Panda satu suara soal durian. Yes, we are durian lover! Kalau salah satu dari kami lagi "nduren" atau dapet oleh-oleh pancake durian Medan yang tersohor itu, langsung deh saling pamer foto via BBM. Saking cintanya Panda sama duren sampe-sampe saya cuma dikasi satu biji aja sewaktu kami nyicip duren Penang yang legit itu. Cccckk...  

Beberapa waktu lalu saya lagi pengen banget makan Monthong. Sayangnya berakhir dengan keluar masuk ke toko buah dengan tangan kosong, entah kenapa waktu itu Monthong susah banget dicari. Di kios buah terakhir di depan rumah saya ditawarin Kradum, sepupunya si Monthong yang juga dari Thailand. Kradum thong berasal dari kata kradum yang artinya kancing dan thong yang berarti emas. Kancing emas barangkali maksudnya..


si yellow Kradum
Bentuk durian kradum ini hampir bulat telur. Saya pilih yang sizenya medium, berat kurang dari 3 kg dengan warna kulit hijau. Harganya pun lumayan mahal, Rp. 37.900/kg. Sebenarnya sedikit ragu akan kematangannya, karena sudah diendus-endus baunya nyaris tak ada. Setelah dibuka saya cukup surprised melihat tampilannya yang cantik dengan warna kuning yang menggoda. Ketebalan buah sedang, kurang dari 1 cm, warna daging kuning, bentuk kokoh, bentuk biji medium-besar, rasanya tidak semanis dan selegit Monthong, juga tidak pahit sama sekali. 

Saya kok kurang sreg dengan rasanya yang serba nanggung, atau saya yang nggak pinter milih? Tidak lama berselang, iseng-iseng saya beli Kradum lagi kali ini bersama Panda. Kok Panda juga kurang sreg, dicuekin itu durian di kulkas padahal biasanya langsung disikat habis. Barangkali karena saya cenderung suka durian yang manis, Panda suka yang pahit. Dan kami sama-sama suka durian dengan aroma yang nendang. Nampaknya tiap varietas durian punya penggemar masing-masing, dalam hal ini kami masih prefer si Monthong. Biarpun begitu kami juga bermimpi, kapan durian lokal yang yummy-yummy itu bisa go international seperti durian-durian Thailand..? Let's make a wish. :)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..