Minggu, 11 Maret 2012

Mencicipi Legitnya Durian Penang

Durian

Siapa yang sangka kalau Penang adalah salah satu tempat kultivasi durian terbaik di Malaysia. Durian-durian ini sudah dibedakan berdasarkan varietas dan karakteristiknya. Karena berkunjung di bulan September, kami cukup kesulitan mendapatkan durian.  Perburuan durian di Lorong Susu-Georgetown yang tersohor dengan durian stallnya pun hasilnya nihil.     

Eye catching Durian


Beruntung dalam perjalanan ke Kek Lok Si Temple, mata Panda tiba-tiba terarah pada sesosok kakek dan durian stall sederhana miliknya. Stall ini ada di pinggir jalan dekat Pasar Air Itam. Kalau jodoh memang tidak kemana.

Mouthwatering Panda
Kami kemudian memesan satu buah, dan pasrah membiarkan si kakek yang memilihkannya untuk kami. Ia memilihkan kami durian Ang Hae (Red Prawn) yang katanya adalah durian terfavorit di Penang seharga RM 10 (Rp. 30.000). Durian ini kemudian dibuka dan dipindahkan ke kontainer plastik, then ready to eat!
 
Yummmyy...!


Jujur, kami tidak tahu apakan benar durian yang kami beli ini benar jenis Ang Hae (Red Prawn) atau bukan. Jelasnya setelah dicicipi, durian ini rasanya mantap. Saya cuma dibagi sebutir saja, sisanya dihajar Panda sendirian. Durian ini tingkat kematangan pas, daging tebal, biji kecil, bau agak tajam, rasa manis-legit, lembut, creamy dan tidak terlalu pahit. Worthed to try. Sampai-sampai Panda nggak membiarkan ada sisa-sisa durian di jarinya, ccck... 

Kalau ada kesempatan mengunjungi Penang kembali,  kami pasti bakal datang di bulan Mei-Juli. Di bulan-bulan ini adalah musim panen durian, selain itu beberapa Durian Farm menyediakan jasa durian tour. Dengan mengambil paket kita bisa mencicipi beragam varietas durian premium sekaligus.  Yeah, all-y0u-can-eat buffet dengan durian sebagai menu utama. Sounds tempting?    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..