Senin, 12 Maret 2012

Ais Cendol & Ais Kacang ala Penang

Ais Kachang & Teochew Cendul
Penang memiliki dua macam dessert yang sangat populer: Ais Kachang dan Teochew Chendul.  Rasa manis dan dingin membuat es menjadi pilihan yang tepat untuk siang hari yang terik. Setelah mengubek-ubek review dari para food blogger lokal, pilihan kami jatuh pada Penang Road Famous Teochew Chendul & Ice Kachang

Penang Road Famous Teochew Chendul & Ice Kacang

Stall sederhana ini terletak di sebuah gang kecil di Penang Road, Georgetown. Saking populernya, stall ini tidak pernah sepi dari antrian. Padahal kursi yang disediakanpun terbatas hingga banyak yang mesti makan sambil berdiri sementara kendaraan lalu-lalang melintas gang kecil ini. Kabar baiknya, harga es disini sungguh murah. Semangkuk ais cendol dibandrol seharga RM 1.90 dan semangkuk ais kacang seharga RM 2.10. Kalau dikonversi ke rupiah, keduanya seharga kurang dari 7000 rupiah.     

Teochew Chendul (Ais Cendol)

Teochew Chendul atau Ais Cendol  sekilas mirip dengan Es Cendol di Indonesia. Cendolnya terbuat dari tepung hungkwe dengan kuah santan encer, sirup gula Melaka (palm sugar) dan ditambah  kacang merah yang sudah direbus. Rasanya standar, tidak terlalu manis dan kurang wangi dibanding dawet ayu Banjarnegara yang dominan dengan aroma pandan atau nangka dan legitnya gula aren.

Ais Kacang = Ais Batu Campur (ABC)
Ais Kacangnya sungguh istimewa. Ais Kacang disini juga populer dengan sebutan Ais Batu Campur (ABC), barangkali karena isinya macam-macam. Es ini terdiri dari kacang merah, cincau, dan jagung manis, setumpuk serutan es batu yang disiram sirup dan susu kental manis putih. Rasanya? Uenaakkk tenan, seger tenan. Kalau mampir ke Penang jangan lewatkan Ais Kacangnya, totally recommended. :)

Penang Road Famous Cendol & Ice Kacang
Jalan Penang/ Penang Road no. 475, Georgetown
Sebelah Joo Hooi Cafe
Open Hour     11.30 am to 5 pm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..