Sabtu, 10 Maret 2012

Kejutan Assam Laksa, Penang

Penang Assam Laksa


Perjalanan kami ke Penang beberapa waktu yang lalu mempertemukan kami dengan Assam Laksa. Laksa asal Penang ini sungguh tersohor hingga berada di urutan ke-7 dalam daftar the most delicious food versi CNN. Rasa penasaranlah yang membuat kami mencicipi seporsi Assam Laksa di pasar Air Itam, dekat Kek Lok Si temple. 

Butuh banyak kata untuk mendeskripsikan rasa Laksa ini. Ada terlalu banyak rasa, tapi seingat saya yang paling menonjol adalah asam (banget), sedikit pedas, semriwing dan beraneka rasa rempah lainnya. 

Mie yang digunakan dari bahan beras, berwarna putih, bulat dan agak besar seperti spaggetti. Teksturnyapun lembut. Kuahnya ini yang complicated. Kuah kecoklatan ini didominasi rasa asam yang kuat dari pasta asam dan buah asam. Rasa gurih dari ikan macarel bercampur dengan pedasnya irisan cabai dan daun mint yang semriwing. Rempah yang digunakanpun beragam dari serai, bunga kecombrang (bunga kantan), dan entah terlalu banyak ingredient yang tidak bisa kami identifikasi.  

Satu kata yang tepat untuk menggambarkan Assam Laksa Penang adalah: penuh kejutan dan kaya rasa. Sekalipun bukan menu favorit kami, tapi menu yang harga seporsinya RM 3.5 ini memperkaya pengalaman kuliner kami. Happy traveling & experiencing local cuisine. :) 


Pasar Air Itam
Jl. Pasar Air Itam 
(sebelum jalan masuk Kek Lok Si Temple)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..