Jumat, 24 Februari 2012

Museum Serangga & Taman Kupu, Jakarta


Koleksi Kupu Pierid


Everyone is like a butterfly, they start out ugly and awkward and then morph into beautiful graceful butterflies that everyone loves.
Drew Barrymore


Taman Mini Indonesia Indah (TMII) adalah taman budaya paling populer di Indonesia. Biasanya tiap menyinggung nama TMII,  orang otomatis membayangkan gedung teater  berbentuk rumah keong berwarna keemasan  atau deretan anjungan daerah dari Aceh hingga Papua. 

Kami sendiri nggak menyangka kalau taman seluas 150 hektar ini masih menyimpan banyak "hidden gem".  Acara hangout keluarga kemarin membuat kami  mencicipi sisi lain TMII sebagai gudangnya museum berkualitas. Salah satunya Museum Serangga dan Taman Kupu. 


Pesona Kumbang 
Sekawanan Kumbang Badak
Harga tiket masuk museum ini Rp. 15.000, satu paket dengan Taman Aquarium Air Tawar. Museum Serangga dan Taman Kupu ini berisi koleksi diorama kumbang, kupu-kupu, dan jangkrik. Ketika tiba kami disambut dengan diorama Pesona Kumbang, yaitu deretan ratusan kumbang asli Indonesia diurutkan dari yang sebesar kuku sampai ke Kumbang Tanduk yang populer dengan tanduk besarnya yang maskulin. 

galeri lalat hijau
Selain koleksi kumbang, juga ada koleksi beberapa insekta lain seperti belalang, capung, lebah, ketam darat, lalat bahkan kecoa. Kami bener-bener mengacungi jempol untuk management museum yang sudah menata koleksinya dengan kreatif dan sedikit nyentrik. Siapa yang kepikiran kalau lalat hijau yang jorok bisa ditata jadi begitu menarik?

Koleksi Kupu
Kupu-kupu Papilionid
Dari semuanya, koleksi kupu-kupu tetap jadi favorit. Koleksi kupu ini dibedakan berdasarkan taksonominya dan asal daerahnya. Sejujurnya melihat aneka kupu yang ditata sedemikian rupa ini membuat kami merasa seperti ada di galeri seni ketimbang di dalam museum. Hehe..

kupu dari Kalimantan
kupu Jawa
 Sama seperti kebanyakan orang, saya jijik pada ulat bulu tapi senang melihat kupu-kupu. Padahal si ulat  dan kupu-kupu ini kan spesies yang sama meski dalam stage yang berbeda. Quotes Drew Barrymore diatas ada benarnya, hidup kita  berawal seperti ulat yang harus melewati proses agar menjadi kupu-kupu yang indah.  
trio kupu cupu
Taman Kupu seluas 500 m ini dimaksudkan untuk pengunjung yang ingin berinteraksi dengan kupu-kupu hidup. Sayangnya karena kesorean jadi sulit menemukan kupu-kupunya karena si "ulat bersayap" ini lebih aktif di siang hari. 
Perselingkuhan Panda

Fakta mencengangkan bahwa 16% serangga di dunia terdapat di Indonesia. Sayangnya, akhir-akhir ini serangga yang terlihat eksis adalah kecoa yang menjijikan. Yuks! Sebelum pulang Panda berpamitan pada patung kumbang Badak yang jadi maskot museum ini. Iih, jangan bilang-bilang kelakuan pacar saya yang nggak jelas itu.   

MUSEUM SERANGGA & TAMAN KUPU
Taman Mini Indonesia Indah
Jl. Raya Taman Mini, Jakarta Timur  13560
Telp. 021-840 9472
Open Hour
Senin -  Minggu         09.00-17.00
Entrance Fee
Gerbang TMII            Rp. 9.000,-
Sepeda                        Rp. 1.000,-
Motor                          Rp. 6.000,-
Mobil                           Rp. 10.000
Museum                      Rp. 15.000,- (+ Aquarium Air Tawar)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..