Selasa, 14 Februari 2012

Our Valentine's Moment


Hand made valentine's chocolate in 2010

For you see, each day I love you more
Today more than yesterday and less than tomorrow.

~Rosemonde Gerard
 
It's Valentine's Day! Tanggal 14 Februari nampaknya jadi hari yang sangat membahagiakan bagi banyak pasangan termasuk bagi para pemilik toko bunga dan produsen cokelat.  Sayangnya bagi beberapa orang peringatan hari kasih sayang yang identik dengan warna pink ini nampaknya cukup kontroversial. Lepas dari  pro dan kontra, moment valentine selalu punya cerita yang berkesan buat kami:

2008
Sudah jadi kebiasaan saya menerima pesanan hand made cokelat untuk Valentine dan membagikan cokelat untuk keluarga dan teman-teman. Valentine pertama kami dilewatkan dengan membuat cokelat praline dan truffle bersama di dapur eyang saya. Panda yang malang memotong berkilo-kilo coklat blok sampai tangannya pegal. Dia juga belajar  teknik melelehkan dan mencetak cokelat dengan sekejab. Lelehan cokelat dimana-mana bersama spatula dan plastik segitiga yang berserakan. Berantakan, tapi menyenangkan. Mata Panda berbinar-binar melihat beraneka cokelat yang keluar dari cetakan.  Rasa lelah itu terbayar sudah, saking excitednya sampai kami nggak tega untuk nyicipnya. Siapa sangka bikin cokelat bareng bisa lebih menyenangkan dari makan cokelat itu sendiri?

2009      
Di Valentine tahun 2009 kami sudah terpisah puluhan kilometer. Rupanya kami sedang bergumul dengan momen Valentine yang dilematis. Saya sedang menyusun  bermacam cokelat di sebuah keranjang sambil berpikir, bagaimana cara agar parsel ini bisa sampai di Bekasi tanpa membuatnya berantakan? Diam-diam Panda sedang kelimpungan untuk order bunga lily putih di Salatiga. Orang bilang cinta butuh kreatifitas, terkadang LDR memaksa kita untuk lebih kreatif dari biasanya. And then? 

Dengan bantuan selotip di sana-sini, (ajaibnya) parsel cokelat ini berhasil sampai di Bekasi tanpa berubah posisi. Di hari yang sama, kakak Panda datang bersama sebatang cokelat dan sebuket mawar.  Memang hadiah tidak bisa menggantikan arti sebuah kehadiran, setidaknya ini sebentuk perhatian bahwa pasangan kita sangat berarti meskipun tidak saling bertatapan. Saya menyimpan sekelopak mawar  untuk mengingat bahwa 'kasih tidak terhalang oleh jarak'. 

2010
Valentine 2010 masih dalam nuansa LDR. Saya kembali bergulat dengan lelehan cokelat, kali ini dibantu adek saya. Fotonya berhasil ditemukan di folder Facebook dan diupload ke blog ini. Hand made Cokelat  4 rasa ini dikirim dalam kotak mika bersama sebuah poem ke kantor Panda. Hiy, entah apa yang merasuki diri saya sampai-sampai bikin puisi segala. Cokelatnya tiba dengan selamat meski sedikit melting. Isi puisinya saya sudah lupa, sampai beberapa waktu lalu Panda memberikan selembar kertas kecil. Rupanya ia masih menyimpan puisi ini dengan sangat baik. 
"Here I am, waiting the day you coming home. 
To shared our dream and plan" 
 Ini sepenggal puisi yang meskipun (parahnya) tidak berima dan tidak sesuai dengan kaidah puisi yang baik dan benar tapi maknanya dalam. Rupanya LDR juga bisa bikin orang tiba-tiba jadi romantis.  Thanks God we can get through this


2011
Februari 2011 saya berada di Depok. Tidak ada cokelat buatan sendiri, gantinya adalah cokelat dari Harvest yang di hias pita pink dan boneka beruang mini. Panda memberikan  dua lembar gambar karikatur saya. Lalu? Cokelat itu  ludes dengan sekejab di kantor dan si beruang mini itu menemani Panda di meja kerjanya. Sementara gambar karikatur itu masih tersimpan di laci (maap piii!) karena belum sempet cari piguranya. Tapi hadiah terbaiknya adalah kehadiran satu sama lain. Bisa menggandeng tangannya dan melihat senyum yang menghias pipi (gembul) nya saja sudah membahagiakan. 


2012
Tahun ini tidak berharap adanya cokelat ataupun bunga, hiks. Bagaimanapun setahun terakhir ini sangat menyenangkan, and I'm so thankful for this. Untuk setiap sms selamat pagi, email di siang hari  dan telpon selamat malam. Untuk tiap trip yang seru dan menyenangkan in (almost) everyweek. Untuk acara nonton sambil mengunyah nachos. Untuk tiap makanan yang tersaji di restoran, pizza hasil delivery order ataupun pizza mie bikinan sendiri. Untuk menggandeng tanganku, kemanapun kakiku melangkah. Untuk mendengarkan ceritaku yang terkadang membosankan. Untuk selalu bersabar dalam tiap kemarahan dan keluh kesahku. Dan untuk banyak hal yang  tidak habis dalam satu postingan blog. Bukankah itu artinya merayakan valentine setiap hari? Many thanks my dearest for the valentine's celebration along this year. Loph you much.   


Valentine's Day is a day, Meant for sharing.
A day for giving, For loving and caring.
       Have a wonderful Valentine's Day :)        
*ehem* ngomong-ngomong ada yang sudah lama nggak dapet bunga? :p  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..