Kamis, 22 September 2011

Our Singapore Budget (4D/3N)

foto diambil dari: whdhwhb.blogspot.com


Artikel ini diposting sama sekali tidak untuk bertujuan pamer ya, kami hanya ingin berbagi pengalaman sebagaimana kami juga sangat terbantu oleh berbagai postingan dari rekan-rekan blogger lainnya. Since Singapore was the most expensive country in South East Asia, mengatur budget traveling jadi harus lebih tricky. Here is our report for 4 days/ 3 Night in July 2011 for 2 person:  

Plane ticket
Total US$ 112.2. Tiket promo fare Tiger Airways seharga S$3/sekali jalan ini adalah hadiah natal dari Panda. Plus berbagai tax dan surcharge harga per orang menjadi US$56/PP (≈ Rp. 500.000).

Airport Tax Soekarno-Hatta
Total Rp. 300.000,-. Beruntung sejak januari 2011, warga negara RI sudah bebas dari kewajiban fiskal senilai Rp. 2.5 juta/orang, cukup bayar International airport tax senilai Rp. 150.000/orang.

Lodging
Total S$104 di Urban Hostel selama 4D/3N. Biaya yang dikeluarkan untuk female dorm $15/N dan twin private $22/N. Sialnya masih harus membayar deposit $50/orang yang dikembalikan saat check out. Kami akhirnya jadi early check out untuk mendapatkan deposit kembali, dan berakhir dengan ‘menggelandang’ semalaman di Changi Airport. Biaya akomodasi di Singapore relatif mahal terutama di peak season (Juni-Oktober). Hostel lain yang lebih nyaman bertarif $25-32/person untuk dormitory roomnya, termasuk simple breakfast (bread, jam & tea).   

Public Transport
Total S$89. Pengeluaran ini untuk beli multiple Ez Link Card ($12) ditambah $20 top-up senilai total $32/person dan shared taxi sebesar $25. Usefull Ez Link card ini dipakai untuk naik MRT, LRT dan Public Bus, tarif antar $0.71 - <$2 tergantung jarak. Kami sedikit over budget karena ‘insiden’ di hostel yang menyebabkan kami terpaksa bolak-balik ke Changi Airport dan Pasir Ris by Taxi. Wasting money, and totally wasting time.   

Eat
Total pengeluaran makan, snack dan minum S$87.7 atau rata-rata perhari S$14.5/pax. Kami biasa makan di hawker centre, food court dan sesekali di fast food restaurant. Harga makanan di tempat-tempat diatas sekitar $2-$10 per porsinya, tapi rata-rata $4 di hawker centre. Air mineral botol 600 ml seharga $1.3-$2, tergantung tempat belinya (lebih mahal dari semangkuk nasi di Chinatown). Pengeluaran ini ditambah Rp. 48.000,- untuk sarapan bubur ayam di Bandara Soetta.     

Activities
Total pengeluaran S$202 termasuk tiket Universal Studio Singapore ($66/weekdays), Singapore Zoo ($20 + $5 tram) dan Song of the Sea ($10). Beberapa attraksi di Singapore free, terutama wisata heritage dan cultural. The best part, we watch the awesome robotic performance: Crane Dance for free at Resort World Sentosa.       

Transport SOETTA Airport
Total biaya Rp. 179.000. Bisa sehemat ini karena kami menggunakan kombinasi moda transportasi: taxi, bus DAMRI bandara, dan KRL Commuter Line. Sedikit ribet but worthed enough. Kalau kami nekat pakai taxi Depok-Airport Soekarno-Hatta (PP) bisa kebobolan sampai Rp. 500.000,-.

Souvenirs
Total damage S$224. Sebelumnya kami sepakat untuk tidak banyak belanja karena budget dan berat bawaan ke kabin terbatas. Tapi karena ada donatur tambahan, yah akhirnya belanja juga: 11 t-shirt (Hangten & Giordano), satu plastik bermacam candies yang dibeli di berbagai tempat, buku dongeng untuk keponakan, Sentosa Souvenir untuk teman kantor Panda, dan cheap Merlion miniature untuk koleksi kami. Kalau mau lebih hemat hunting berbagai souvenir 3 for $10 di area Chinatown atau Bugis. Amazingly, berat ransel kami masing-masing tidak melebihi 7 kg, tapi tetap saja ya sedikit ribet.    

Misc.    
Total S$11. Pengeluaran yang tidak seberapa tapi fungsional. Disposable rain coat /poncho seharga $2 agar kami (terutama Paspor, HP dkk) tidak basah kuyup ketika kehujanan di USS. Dan dengan dua buah koin $1, saya bisa menelepon beberapa menit ke Depok dan Salatiga, praktis dan hemat.


Total pengeluaran trip kami ke Singapore selama 4H/3N, bila dirupiahkan ≈ 6,5 juta rupiah/2 person all-in, sudah termasuk tiket pesawat, tiket masuk atraksi dan belanjaan kami. Semoga membantu rekan-rekan yang sedang merencanakan perjalanan hemat ke Singapore. Happy Traveling. 

1 komentar:

  1. Hi DuoPanda... seru juga perjalanan kalian, btw actually masih bisa lebih hemat dari itu. Sy juga live in Depok n udah 2 kali traveling ke Singapore, sekali pakai Group Tour n sekali dgn beberapa teman ... alias modal nekat doank. Ajaibnya... versi "nekat" ini lebih Ok dr segi kualitas n kwantitas. Bisa tinggal di hotel *5 (Carlton Brass Basah Rd) n semua itenerary di eksekusi by MRT pakai Sing Tour Pass $20 for 3 day... only 3 jt Rupiah udah plus USS, makan n belanja ole2 di Chinatown. December nanti plan to see MBS n USS n exactly Uncle Ice Cream in Orchard Road in another sensation ...cause it's christmas time with my hubby, boys n daugther. Hunting by web ...dapat Tiger PP 2,2jt for 4 people.... Wawwww bgt kan ??? Skrg pun Tiger udah ngak di Budget Term lg ... udah di Term 2 lho... jadi ngak repot klw mau naik MRT lgsg ke basement aza... btw reportase kalin very inspiring me ... thx.

    BalasHapus

tinggalkan jejak..