Kamis, 22 September 2011

Sale T-shirt @Orchard Road, Sg


Dalam rangka melengkapi short trip kami ke Singapore (July, 2011), pada malam terakhir kami menyempatkan diri ke Orchard Road. Shoping paradise ini dikepung gedung perbelanjaan dengan deretan stall dari kelas obralan sampai branded item dari Burberry, Chanel, Dolce and Gabbana dll.


Personally, kawasan ini bukan destinasi favorit kami. Selain tidak menambah wawasan, juga bikin kantong kempes. And we have another fight here, which I don’t want to share. We’ll keep it as a small part of our journey.  

Selepas keluar dari Orchard MRT station yang tergabung dengan Ion Orchard, kami sempat nongkong di depan mall megah ini. Banyak wisatawan mengabadikan diri di depan mall ini, kebanyakan dari Indonesia juga. Tahunya? Sebagai sesama Indonesian, mudah sekali mengenali ‘pelancong’ sebangsa, entah dari kostumnya, dialeknya, bahkan dari cara berpose di depan kamera saja ketahuan kok. Tu, wa, ga, piss.

Sale Everywhere
Singapore selalu menggelar acara tahunan Great Singapore Sale tiap bulan Juli. Seolah kemanapun kaki melangkah selalu ada lembaran merah bertuliskan SALE melambai-lambai. Sebelumnya kami sepakat untuk tidak beli oleh-oleh berupa t-shirt (karena berat, need more space, sedangkan kami gak pesan bagasi), tapi akhirnya kami takluk juga dan pulang dengan 11 t-shirt (termasuk Wangki/Polo tees).

Lucunya kami justru tidak beli sehelai kaospun untuk diri sendiri. Buat kita berdua, perjalanan ini sendiri more than enough dan tidak ada souvenir yang lebih bagus daripada pengalaman itu sendiri. Either the great and the sucks experiance.

Dua brand T-shirt yang sering dijadikan souvenir adalah Hang Ten dan Giordano. Meskipun banyak yang mengira Hang Ten adalah produk asli Singapore, tapi sebenarnya brand ini berasal dari California. Mula-mula brand ini khusus membuat produk surfing, tapi kini Hang Ten sudah berevolusi menjadi full lifestyle brand.  Selain nyaman dipakai, harganya juga relatif lebih terjangkau dibandingkan produk surf brand lainnya.

Di Lucky Plaza kami sempat beredar di dua kios Hang Ten. Sale farenya sungguh menggoda iman, sistemnya kita bayar lebih murah bila membeli lebih dari satu item dari produk yang sejenis.  Harga t-shirt termurah yang kami jumpai senilai S$10, bahkan ada yang seharga S$20 for 3 (each less than Rp. 50.000,-). Polo tees atau t-shirt berkerahnya seharga S$18 dan buat saya kualitasnya oke juga.  

Beda Lokasi, beda Harga?
Lain lagi cerita soal Giordano. Di  Jakarta, Depok atau di Malaysia sekalipun, Giordano biasa punya stall yang cukup luxury di dalam Mall. Di Lucky Plaza, Orchard Road, stall Giordano terletak di pinggir jalan di lantai dasar. Ruangannya terbuka, (sepertinya) non-AC jadi lebih mirip kios  yang dengan segera terasa gerah bila berdesak-desakan dengan buyer lainnya.    


The most wanted item adalah t-shirt I (heart) Sg. Produk original Giordano ini dijual senilai $18/pieces atau $26/2 pcs (July, 2011). Its still too expensive for budget traveler like us, jadi kami hanya beli satu wangki/polo tees Giordano ($23). Ada banyak cabang Giordano di Singapore, entah harganya sama atau tidak untuk tiap toko.

Indonesian Habit
Saya mendengar cerita bahwa kebanyakan orang Indo  terperangah setelah membandingkan dengan harga versi Jakarta yang (katanya) lebih mahal. Itu sebabnya Singapore adalah salah satu shopping destination paling dekat dan terjangkau bagi banyak Shopaholic. Suka atau tidak, wisatawan Indo juga dikenal mudah kalap ketika belanja, mungkin karena hal itu juga pelayan toko disini sangat ramah. Mereka bahkan cukup fasih menawarkan dagangan dengan bahasa Indonesia, even they are Chinese, Indian and Filipino. Great marketing strategy!

Setelah belanja 11 t-shirt, apakah kami masuk juga dalam golongan diatas? Difficult question, since we bought it for our beloved family, not for our own self (self_defence.com). Bagian “membelikan oleh-oleh” sungguh dilematis, walau sedikit merepotkan tapi sudah jadi bagian dari tradisi dan budaya, bukan karena kelebihan duit ya (untung lagi sale).

Kesimpulan, Orchard road was a perfect shoping paradise for anykind of budget. But if you ask us, we prefer go to the museum or another heritage building. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..