Jumat, 29 April 2011

Gagal Memanjat Monas, Jakarta

di depan tugu Monas

Selepas mengeksplorasi Museum Nasional (26/2/2011) kami lanjut ke Monumen Nasional (Monas) yang letaknya bersebrangan. With a few step, kami sampai di gerbang masuk menara setinggi 137 meter itu. 

Baru ditinggal jeprat-jepret sebentar sudah ditinggal tram wisata, yang kemudian kami tahu itu tram yang terakhir jalan. Akhirnya kami mendekati tugu yang dikelilingi pagar dan nggak jelas dimana jalan masuknya. Panda baru pertama kali kemari, terakhir kemari saya mungkin baru berumur  sekitar 3 tahunan. And we have no enough information about this place

Setelah tanya-tanya ke pedagang setempat, katanya jam setengah 3 udah gak bisa lagi masuk ke dalam Monas. Matahari masih bersinar terang, dan Monas udah tutup? Akhirnya kami cuman bisa bengong memandang rombongan bahagia yang dijemput pulang oleh tram.   

A bit disappointed, kami menyeret kaki kembali ke halte busway Monas dan kembali ke halte Jakarta Kota (Rp. 3500/pax). Turun dari halte, kami kembali mengadu keberuntungan karena ada banyak museum di kawasan ini.

Panda di taman pelataran Monas

Wajah memelas..
Dari satu pintu ke pintu lainnya kami kembali dengan wajah memelas. Museum Bank Mandiri, Museum BI, Kompleks Museum Fatahillah = ALL CLOSED. Ini bahkan belum jam 4 loh, kata saya dalam hati. Astagaaaa..mau jadi apa negara ini kalo weekend begini museum ikutan tutup cepet?!? 
  
Kembali bengong, kami berdua duduk di pelataran Kota Tua. Persis di depan mata saya, berjejer sepeda “onthel” yang disewakan, berikut sepasang topi belanda-khas wisata Kota Tua. Tapi kami terlalu ilfeel untuk sepedaan. Bolak-balik dikerumuni anak kecil peminta-minta dan pengamen jalanan-yang-suaranya-bikin-kuping-gatel akhirinya kami angkat kaki.

Sedikit berlari-lari ke Stasiun Kota, puji Tuhan, gak ketinggalan Depok Express (Rp. 9000/pax).  Kami turun di Stasiun Depok Baru. Bagian yang paling menyenangkan sebenarnya, ketika kami bisa menertawakan kesialan kami hari itu. We’ll gonna back for Monas & Kota Tua for sure!  

 cengar-cengir dari jauh

Psst… setelah pulang dan browsing, ternyata gerbang masuk Monas itu di deket patung kuda, dan masuk lorong bawah tanah untuk masuk ke museum. Bayar tiket setelah masuk gerbang, nanti kalau mau ke puncak naik lift, bayar tiket lagi dan katanya antri-nya gila-gilaan pula.
 
Morale of the story:
Before go over there, get any information as much as we need.  Jangan juga sampe “malu bertanya, kepaksa browsing di jalan”. *sambil melirik ke arah Panda*  

Monumen Nasional (MONAS)
Silang Monas, Jakarta Pusat 10110
Telp. (+6221) 70649354, 70234627
HTM  
Lapangan, FREE
Pelataran Tugu Monas, Dewasa Rp. 2.500-, Anak-anak Rp. 1.000,-
Puncak Monas, Dewasa Rp. 7.500,-, Anak-anak Rp. 3.500,
Jam Operasional
Senin-Minggu: 08.00-15.00 WIB
Senin pada minggu terakhir TUTUP



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..