Rabu, 06 Juni 2012

Seaworld Indonesia, Jakarta


Trip ke Seaworld bermula dari seorang agan-agan yang menawarkan tiket murah di Kaskus. Harga tiket resmi (2011) untuk weekend Rp. 60.000,- sedangkan harga tiket versi si agan Kaskus ini Rp. 40.000,-.  Lumayanlah selisihnya. Kalau sekarang sih denger-denger harga tiket Seaworld udah sampai di angka Rp. 70.000. 

Seaworld Indonesia yang berlokasi di Ancol, Jakarta Utara ini diklaim sebagai aquarium air laut terbesar di Indonesia. Biarpun begitu sebenarnya setengah hari cukup untuk mengelilingi kawasan ini. Apalagi waktu kami kesana ada beberapa area yang ditutup karena masih direnovasi. 

Ikan, ikan dan ikan
Ketika masuk kita akan segera disambut dengan satwa asli amazon, giant Arapaima dan lele raksasa. Hmm, bukannya itu ikan air tawar yah? Lalu ada touch pool dimana pengunjung bisa menyentuh beberapa biota yang tidak berbahaya seperti bintang laut, teripang, kura-kura dan hiu kecil. Tenang saja, nggak ada kolam sentuh untuk piranha. Kebetulan waktu itu saatnya feeding time untuk kura-kura dan pengunjung diberi kesempatan untuk ikutan ngasi makan. Panda excited banget, tapi tentu saja kalah sama gerombolan anak-anak yang jauh lebih agresif. Hahaha..

Dari beragam jenis ikan dan aquariumnya masing-masing, nampaknya Shark Aquarium yang paling populer. Barangkali karena teknik pemberian feedingnya yang spektakuler, petugas bakal menyelam dan memberikan pakan dari dalam sangkar besi. Sayang banget kami nggak sempet lihat. Ada juga sih paket menyelam di Shark Aquarium (dan main tank) bagi mereka, para adrenalin junkie yang berminat, ratenya sekitar Rp. 200.000-400.000.  

Saya dan Panda sempet mencari-cari si piranha yang tersohor karena keganasannya itu tapi nihil, mungkin masih direnovasi juga. Biota lain yang menarik adalah dugong atau duyung. Dugong ini adalah mamalia laut, bukan ikan. Dongeng putri duyung diinspirasi dari dugong ini, meski ekornya mirip tapi wajah dugong yang imut dan murah senyum ini sama sekali nggak menyerupai manusia.  

Selanjutnya, atraksi utama di Seaworld adalah terowongan antasena dimana pengunjung bisa menikmati pemandangan bawah laut tanpa perlu berbasah ria, ada travelatornya pula. Disini kita bisa merasakan sensasi dikepung ratusan ikan dari yang mungil hingga selebar ikan pari, yang jinak hingga seganas hiu. Tempat ini juga jadi spot foto terbaik di Seaworld.  

Begitulah cerita kami, sepasang anak manusia yang belajar tentang dunia laut ditengah kepungan anak sekolah dan gurunya atau gerombolan balita dan emaknya. However, it was a nice trip. Tipsnya cuma 2: hindari liburan sekolah dan jangan lewatkan sesi feeding timenya!
  
Pssst...

Trip ke Seaworld Indonesia ini sudah berlalu setahun yang lalu. Cuma memang belum sempat diposting karena file foto-fotonya raib bersama laptop. Foto diatas adalah foto-foto yang masih terselamatkan karena sudah diupload di Facebook, hehehe.. 

Seaworld Indonesia
Taman Impian Jaya Ancol 
Jl. Lodan Timur no. 7 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
Open Hour
Everyday, 09.00 - 18.00 WIB
HTM

Seaworld                  Rp. 70.000,-
Gerbang Ancol      Rp. 15.000,-/orang
Motor                       Rp. 15.000,-
Mobil                        Rp. 20.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan jejak..