Minggu, 11 September 2011

Cheap Eats in Singapore



Menurut USB Survey tahun 2011, Singapore memegang peringkat ke-10 sebagai kota termahal di dunia dan masih menduduki rangking pertama sebagai kota termahal di kawasan ASEAN.  Mungkin karena alasan inilah para budget traveler harus cukup tricky mengatur anggaran, termasuk untuk urusan perut.

Fyi, harga basic meal di sebuah restaurant berkisar S$20-40 per orang. Expensive enough for us, and for some other people. Mungkin ini juga salah satu kendala beberapa kalangan orang enggan berlibur, padahal gaya ‘liburan’ masa kini tidak selalu identik dengan tidur di hotel berbintang dan makan di restoran mewah. 

Salah satu rahasia untuk menikmati kuliner lokal tanpa perlu merogoh kocek terlalu adalah ‘eat like local’. Pergilah ke tempat dimana penduduk lokal makan. You’ll be surprised what you found in a cheaper way. 

Hawker Center
Hawker Center adalah pusat makanan yang terdiri atas banyak kedai makan (food stall) dan terletak dekat dengan area pemukiman  penduduk dan pusat transportasi  (Bus Interchange dan stasiun MRT). Berbagai jenis panganan disini dijual mulai dari S$3-4 seporsi di ruangan yang tidak ber-AC (terkadang juga open space). 

Pertemuan kami dengan salah satu menu Hawker Centre termurah dan terenak terjadi di Ananas Café, di area Pasir Ris Station. Seporsi Steam Chiken with Rice (S$2), Roasted Chiken with Rice (S$2) plus stir fry baby Kalian (S$3), total damage $7 berdua. Chiken Rice ini sangat popular, nasinya gurih karena dimasak dengan santan dan sedikit berminyak, potongan ayam Hainannya lembut dan juicy, pelengkapnya adalah irisan timun. Menu-dua-dollar yang extremely cheap dan sangat menggiurkan.

Food Court     
Hampir mirip seperti di Indonesia, Food Court adalah pusat makanan yang terdiri di dari berbagai kedai makanan dan biasanya terdapat di dalam pusat perbelanjaan atau tempat komersial lainnya. Bedanya dengan Hawker Center, ruangannya sudah ber-AC. Selain menu lokal, juga banyak varian menu Internasional, seperti western food, Thai food etc. Satu porsi menu makanan berharga mulai S$5-6. Di Food Republic, Vivo City satu porsi nasi lemak (plus ayam) seharga S$6, dan semangkuk chiken mee seharga S$5.5. Barangkali karena Vivo City adalah mall terbesar yang juga terhubung dengan Sentosa Island, jadi Food Courtnya pun lebih mahal.    

Fast Food
Fast Food jadi andalan banyak wisatawan dari Indonesia karena mudah ditemukan, dijamin kehalalannya sekalipun harganya bisa sedikit lebih mahal ketimbang dua opsi diatas. Harga satu set menu makanan ini berkisar mulai S$7.

Kami sempat makan di Mc.D yang terletak di Lucky Plaza karena ini satu-satunya fast food yang bisa kami temukan di jam 11 malam di Orchard Road. Kami beli 2 paket senilai S$15 untuk: Double Cheese Burger, (semacam) Chicken Strip, dua French Fries, dua gelas besar Pepsi Cola. Oya, selain rasanya ‘agak’ berbeda dengan Mc.D versi tanah air, disini juga tidak dijual nasi.    

7- Eleven   
7-Eleven adalah jaringan convenience store (24 jam) yang paling mudah di temukan. gerai ini selalu punya promosi untuk produk snack, makanan siap saji (microwaved food) dan berbagai minuman dingin dengan harga yang terjangkau. Produk Quick Bites 7-eleven yang sempat kami cicipi adalah Sandwich Chiken Ham & Cheese dan Sandwich Chiken Ham, Egg & Cheese, masing-masing seharga kurang dari S$2.5. Lumayan praktis untuk dijadikan sarapan, bekal perjalanan atau ransum darurat tengah malam.  
Cheap enough isn't? Happy travelling, happy eating.

3 komentar:

  1. yang murah cari food court dekat2 station MRT, lingak-linguk kanan kiri keluar... pasti dapat... http://triviadays.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Nice info, thanks for share.. :)

    BalasHapus
  3. Selain bisa merasakan "cita rasa" daerah lokal, harga juga lebih murah. Selamat mencoba, selamat mencicipi. Jangan biarkan urusan perut mengganggu rencana jalan2 keliling singapore

    BalasHapus

tinggalkan jejak..